Solusi Terbaik untuk Anak Susah Makan Sayur

Solusi Terbaik untuk Anak Susah Makan Sayur

Sayuran adalah salah satu jenis makanan yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Namun apa jadinya jika si kecil tidak suka makan sayur? Padahal ini sangat penting. Daripada Anda bingung, lakukan solusi terbaik untuk anak susah makan sayur di bawah ini.

  1. Ajari Anak Makan Sayur Sejak Kecil

Beberapa orang tua salah dalam memperkenalkan sayur pada anak. Sehingga, anak cenderung tidak menyukai sayur karena sudah terlebih dahulu mengenal makanan lain yang lebih enak rasanya. Nah, agar anak bisa suka dengan sayur, yang harus dilakukan adalah mengajari anak makan sayur sejak kecil.

Hal ini bisa Anda lakukan pada usia anak 8 bulan. Pada usia ini, anak sudah mulai belajar makan nasi meskipun dengan cara di steam. Nah, buatlah makanan untuk buah hati anda dengan memasukkan jenis sayuran seperti wortel, brokoli, atau sayur lainnya.

Ketika anak sudah terbiasa makan sayur saat kecil, saat ia tumbuh semakin besar ia juga bisa menerima sayur dengan lebih mudah.

  1. Tawarkan Semua Jenis Sayuran untuk Dicoba

Mungkin pada saat pertama kali menawarkan jenis sayuran kepada anak, anak akan cenderung memuntahkannya dibandingkan dengan menelannya. Jika hal ini terjadi, maka Anda jangan pernah menyerah.

Cobalah berikan anak sayuran lain yang bergizi untuk mengganti sayuran tersebut. Tawarkan kepada anak untuk mencoba semua jenis sayuran yang ada. Nah, dari sini Anda bisa tahu jenis sayuran apa yang disukai oleh anak.

Setidaknya, dari semua jenis sayur yang sudah ditawarkan ada satu atau dua jenis sayuran yang ia sukai. Ini menjadi langkah awal agar anak mau makan sayur meskipun hanya jenis sayur itu-itu saja.

  1. Jangan Pernah Menyembunyikan Sayur

Beberapa orang tua melakukan cara agar anak mau makan sayur dengan menyembunyikan sayur di balik makanan lain. Misalnya saja dengan menyembunyikan sayur di balik telur atau makan lainnya. Menyembunyikan sayur di balik makanan lain tidak membuat anak tahu akan rasa dan bentuk dari sayuran.

Padahal hal ini sangat perlu, pasalnya sayuran yang disembunyikan di balik makanan lain akan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan rasa aslinya. Bahkan, hal ini juga bisa menghilangkan kepercayaan diri karena selama ini sudah ditipu hanya karena sayur yang disembunyikan pada makanan lain.

  1. Memasak Bersama

Solusi terbaik untuk anak susah makan sayur adalah dengan mencoba mengajak anak untuk masak bersama. Nah, ketika memasak bersama, Anda bisa memperkenalkan sayur kepada anak tentang manfaat dan kandungan nutrisi yang dimiliki.

Mungkin di sini anak hanya akan membuat dapur menjadi lebih berantakan. Namun, ini menjadi solusi yang tepat untuk memperkenalkan sayuran kepada anak. Tidak hanya itu saja, cara ini juga bisa dilakukan agar anak lebih terdorong untuk makan sayur hasil masakannya sendiri.

Itulah solusi terbaik untuk anak susah makan sayur yang bisa Anda coba. Dengan menggunakan solusi ini, anak bisa belajar makan sayur tanpa Anda harus marah-marah kepadanya.

admin

Artikel Terbaru