Mengenal Intoleransi Laktosa dan Tips Mengatasinya

Mengenal Intoleransi Laktosa dan Tips Mengatasinya

Apakah Anda pernah merasakan perut yang tidak nyaman atau terasa kembung setelah Anda mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya seperti yoghurt? Bisa jadi, hal yang terjadi tersebut adalah adanya intoleransi laktosa. Meskipun belum ada obat yang secara khusus bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, namun intoleransi laktosa tidak berbahaya.

Perlu diketahui, intoleransi laktosa adalah kondisi di mana saluran pencernaan tidak memproduksi enzim laktase dalam jumlah yang cukup. Padahal, enzim tersebut digunakan untuk memproses zat gula yang ada di dalam susu.

Kurangnya produksi enzim ini disebabkan oleh beberapa hal, namun seringkali disebabkan oleh faktor genetik penderita. Nah, lantas, apa saja hal yang perlu diketahui tentang intoleransi laktosa ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Penyebab Utama Intoleransi Laktosa

Normalnya, dalam sistem pencernaan, ada enzim laktase yang akan memecah konsentrasi laktosa yang masuk mejadi glukosa dan akan diproses di dalam usus halus. Namun, jika usus kekurangan enzim tadi, maka laktosa tidak akan bisa diserap dan akan terus bergerak menuju ke usus besar.

Di dalam usus besar, zat ini akan mengalami proses fermentasi oleh bakteri. Hasil dari fermentasi adalah zat asam dan gas yang terlalu banyak. Hal inilah yang akan memunculkan intoleransi laktosa beserta beragam gejalanya.

Berbagai Gejala Intoleransi Laktosa

Umumnya, gejala intoleransi laktosa akan muncul sekitar 30 menit hingga 2 jam dari waktu seseorang mengonsumsi susu dan olahannya. Ada beberapa gejala yang muncul di kemudian waktu, seperti:

  • Muntah dan mual
  • Nyeri perut
  • Perut terasa kembung
  • Buang angin terus menerus
  • Diare

Beberapa poin di atas adalah gejala intoleransi laktosa yang mungkin muncul. Perlu diketahui bahwa tingkah parah pada gejala yang muncul berbeda-beda tergantung jumlah laktosa yang dikonsumsi sebelumnya. Selain itu, bisa saja berbeda orang akan mengalami gejala yang berbeda pula.

Tips Mengatasi Intoleransi Laktosa

Meskipun tidak berbahaya, intoleransi laktosa tetap akan terasa menyakitkan. Oleh karenanya, penanganan pada penderita secara cepat dan tepat diperlukan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi intoleransi laktosa ini, seperti:

  • Biasakan untuk mencoba produk susu dalam jumlah sedikit untuk melihat reaksi tubuh
  • Pilih produk susu atau olahan susu yang mencantumkan label bebas laktosa atau mengandung sedikit laktosa. Beberapa produk dengan kandungan laktosa yang sedikit kemungkinan masih bisa di toleransi oleh tubuh
  • Konsumsi susu atau produk susu bersamaan dengan makanan lain. Cara ini cukup efektif untuk memperlambat proses pencernaan dan juga mengurangi gejala intoleransi laktosa
  • Konsumsi suplemen untuk meningkatkan enzim laktase guna membantu tubuh mencerna laktosa

Beberapa hal di atas adalah ulasan tentang intoleransi laktosa yang harus Anda ketahui. Pahami dengan baik terutama gejala yang muncul sehingga intoleransi laktosa yang dialami bisa diatasi dengan segera.

Deskripsi: intoleransi laktosa adalah salah satu gangguan tubuh di bagian pencernaan karena konsumsi susu. Gangguan ini tidak berbahaya.

admin

Related Posts

6 Manfaat Kalsium di Masa Pertumbuhan Anak

6 Manfaat Kalsium di Masa Pertumbuhan Anak

4 Makanan untuk Orang Diare, Solusi Gizi Saat Nafsu Makan Turun

4 Makanan untuk Orang Diare, Solusi Gizi Saat Nafsu Makan Turun

Artikel Terbaru