6 Manfaat Kalsium di Masa Pertumbuhan Anak

6 Manfaat Kalsium di Masa Pertumbuhan Anak

Di masa pertumbuhannya, anak membutuhkan gizi yang lengkap dan seimbang. Salah satu zat gizi yang berperan penting dalam pertumbuhan anak adalah kalsium. Orang tua wajib memperhatikan asupan kalsium yang diterima oleh sang buah hati. Berikut adalah 6 manfaat kalsium bagi pertumbuhan anak tercinta.

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan

Kalsium berperan penting dalam pertumbuhan anak terutama tinggi badannya. Asupan kalsium yang memadai akan membantu anak mendapatkan tinggi badan yang optimal. Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya pertambahan tinggi badan pada anak bisa mencapai 5 hingga 6 cm sejak ia berusia 2 tahun sampai masa puber.

  1. Memperkuat Tulang

Kalsium memiliki fungsi penting bagi pertumbuhan tulang. Tulang diketahui merupakan bank kalsium yang menyimpan cadangan kalsium bagi tubuh. Jika tubuh tidak mendapat asupan kalsium yang cukup maka kalsium dari tulang akan diambil. Kondisi ini bisa terus terjadi jika tubuh tidak mendapat kalsium sama sekali.

Apa jadinya jika kalsium dalam tulang terus diambil? Tentu saja kalsium akan habis dan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Kondisi ini akan menyebabkan risiko osteoporosis meningkat saat usia semakin bertambah. Oleh karena itu penting sekali untuk mencukupi kebutuhan kalsium bagi tubuh.

  1. Memperkuat Gigi

Anak yang sehat bukan hanya anak yang tidak mudah sakit tapi juga memiliki tubuh yang kuat. Tidak hanya tulang, gigi anak juga harus kuat demi kesehatannya. Apalagi anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan dan kekuatan serta kesehatan gigi mereka akan berlanjut hingga dewasa nanti.

Asupan kalsium yang cukup akan sangat membantu anak memiliki gigi yang kuat. Jika anak mendapat kalsium yang cukup maka gigi susu mereka akan tumbuh kuat begitu juga dengan gigi permanen yang akan menggantikannya.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Kalsium juga bisa membantu memperkuat sistem imun di dalam tubuh anak. Kalsium akan mengaktifkan enzim-enzim yang berperan penting dalam membangun sistem imun tubuh. Jika sistem imun tubuh kuat maka anak tidak akan mudah sakit. Sering jatuh sakit akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya akan menunjukkan tanda-tanda lemah dan lesu. Mereka juga biasanya mudah berkeringat dan mengalami kesulitan untuk tidur. Sistem imun mereka rendah dan sangat mudah terserang penyakit.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Kalsium diketahui sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Namun tak hanya itu, kalsium juga berperan penting dalam perkembangan sistem saraf serta fungsi otot tubuh. Kalsium terlibat secara langsung dalam menyalurkan sinyal-sinyal di sistem saraf otak.

Peran inilah yang membuat kalsium juga ikut berpengaruh dalam tingkat kecerdasan anak di masa pertumbuhannya. Mereka juga akan lebih mudah untuk berpikir dan lebih fokus saat melakukan sesuatu. Oleh karena itu pastikan Anda memberikan asupan kalsium yang mencukupi agar anak tumbuh sehat dan cerdas.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalsium juga membantu jantung anak tetap terjaga kesehatannya. Zat ini memiliki peran dalam proses pembekuan darah serta mempertahankan kesehatan otot yang ada di jantung kita. Selain itu kalsium juga diketahui mampu membantu membuat otot polos di sekitar pembuluh darah mengendur.

Menjaga kesehatan jantung sejak dini tentu sangat penting untuk dilakukan. Penuhi kebutuhan kalsium anak sedini mungkin agar mereka bisa tumbuh sehat sampai dewasa nanti.

Itulah tadi 6 manfaat kalsium bagi pertumbuhan anak. Kini Anda sudah memahami bahwa mencukupi kebutuhan kalsium anak sangatlah penting untuk dilakukan. Ada banyak bahan makanan yang bisa menjadi sumber kalsium bagi anak seperti telur, kacang-kacangan, brokoli, dan susu.

admin

Related Posts

Mengenal Intoleransi Laktosa dan Tips Mengatasinya

Mengenal Intoleransi Laktosa dan Tips Mengatasinya

4 Makanan untuk Orang Diare, Solusi Gizi Saat Nafsu Makan Turun

4 Makanan untuk Orang Diare, Solusi Gizi Saat Nafsu Makan Turun

Artikel Terbaru