Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Cepat di WPS Office

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan Cepat di WPS Office

Daftar isi dibuat untuk mempercepat dalam mencari informasi baik di skripsi, buku, makalah, kamus dan lainnya. Daftar isi dapat dibuat selain di Ms.Office yaitu WPS Office. Sebuah aplikasi untuk mengolah data yang dapat digunakan di Android. Cara membuat daftar isi otomatis di WPS dengan dokumen yang sudah tersedia, simak pembahasannya di bawah ini!

  1. Mengganti BAB 1 PENDAHULUAN

Dalam makalah, skripsi, atau karya ilmiah lainnya biasanya terdapat didalamnya BAB awal. Diawali dengan BAB 1  PENDAHULUAN. Dikarenakan WPS sudah terisi data, maka tinggal mengganti atau mengedit yang ada di dalamnya. Caranya dengan menekan shift+enter, maka akan tersusun atas bawah. Hal ini agar di daftar isi tidak terjadi dua sub bab.

  1. Menerapkan ke Semua BAB dalam Dokumen

Agar cara di poin pertama dapat diaplikasikan di semua BAB dalam satu judul, maka perlu adanya pengaturan. Silakan buka menu Reference, lihat pada sub TOC Level. Klik Level 1 dan untuk BAB selanjutnya menggunakan cara yang sama, maka akan secara otomatis mengikuti pengaturan seperti BAB 1 PENDAHULUAN.

  1. Menerapkan Poin 1 pada Sub Judul

Umumnya setelah pendahuluan, akan memiliki sub judul di bawahnya. Anda hanya perlu mengubahnya ke heading 2. Sub judul bisanya berupa definisi umum seperti pengertian dan biasanya diberi poin A. caranya sama dengan sebelumnya. Sub judul diblok dan pilihlah menu Reference kemudian tekan TOC Level, selanjutnya klik Level 2.

  1. Menerapkan Poin 2/3 Pada Judul Kecil (Sub Judul Setelah Sub Judul)

Sebelum masuk ke langkah terakhir ini, biasanya setelah sub judul terdapat sub judul lagi. Sub judul yang terdapat setelah sub judul besar, juga harus diatur terlebih dahulu agar sama dengan atasnya. Sub judul ini biasanya berupa judul-judul kecil seperti jenis, dan lainnya. Caranya sama seperti poin sebelumnya, hanya saja saat mengklik TOC Level, Anda pilih Level 3.

  1. Pembuatan Daftar Isi

Cara Membuat daftar isi otomatis memerlukan halaman baru di awal sebelum pendahuluan. Maka Anda perlu menambahkan halaman kosong sebelum BAB 1 PENDAHULUAN. Klik menu Insert, kemudian pilih sub menu Breaks, lalu pilih Page Breaks. Setelah itu, lanjut membuka menu Reference dan pilih Insert TOC dan klik OK. Daftar isi telah selesai dibuat.

Selain pembuatan daftar isi yang telah tersedia dokumen, terdapat juga pembuatan secara otomatis tanpa dokumen awal. Anda harus membuat data terlebih dahulu. Setelah itu mengeditnya dan menambahkan daftar isi di dalamnya.

Itulah kelima cara membuat daftar isi otomatis di WPS Office. Pembuatan dengan dokumen yang  sudah tersedia. Sehingga Anda tak perlu membuat dokumen, tinggal mengedit dan menambahkan daftar isinya saja. Pembahasan ini penting karena bagi Anda yang lebih nyaman menggunakan Android, pembuatan daftar isi melalui aplikasi Android akan lebih memudahkan.

admin

Related Posts

5 Sektor Unggulan Industri Kreatif Bandung 

5 Sektor Unggulan Industri Kreatif Bandung 

Bagaimana Cara Mengganti Ringtone iPhone dengan Lagu

Bagaimana Cara Mengganti Ringtone iPhone dengan Lagu

Tips Melakukan Kredit Mobil Fortuner, Awas Jangan Salah Pilih

Tips Melakukan Kredit Mobil Fortuner, Awas Jangan Salah Pilih

Tips Mudah Dapatkan Voucher Makan Enak  Kala PSSB Tiba

Tips Mudah Dapatkan Voucher Makan Enak  Kala PSSB Tiba

Artikel Terbaru