5 Sektor Unggulan Industri Kreatif Bandung 

5 Sektor Unggulan Industri Kreatif Bandung 

Wisatawan yang pergi ke Bandung pasti selalu mampir ke Cibaduyut. Tidak bisa dipungkiri karena Cibaduyut memang salah satu sentra industri kreatif Bandung. Kamu bisa menemukan aneka kerajinan tangan, seperti sepatu, tas maupun hiasan sebagai oleh-oleh.

Bandung masih punya banyak titik-titik industri kreatif lain. Produk yang dihasilkan antara lain beragam jenis fashion, kuliner, bahkan pertunjukan tradisional.

Sekilas tentang Perkembangan Industri Kreatif di Bandung

Bandung punya ruang yang lebih besar untuk mengembangkan industri kreatif. Kota ini bahkan jadi percontohan di bidang industri kreatif. Alasannya ada dua yaitu kreativitas masyarakat yang tinggi dan fasilitas yang selalu dikembangkan.

Daftar industri kreatif Bandung terdiri atas banyak sektor. Kontribusinya ternyata besar lho bagi pendapatan nasional sekitar 31% lebih. Makanya, Bandung selalu masuk 10 besar provinsi yang menghasilkan keuntungan buat negara.

Perkembangan yang selalu naik jadi bukti betapa kerasnya usaha para pegiat industri kreatif. Nggak sia-sia semua yang mereka lakukan karena Bandung berhasil dapat dua penghargaan keren yaitu:

  • 5 Kota Paling Kreatif seantero Asia oleh Channel News Asia pada tahun 2011.
  • Kota Kreatif di Bidang Desain oleh UNESCO pada tahun 2015.

Sektor Industri Kreatif di Bandung yang Paling Menguntungkan 

Julukan “Kota Kreatif” untuk Bandung memang cocok dengan faktanya. Kamu bisa dengan mudah menemui banyak komunitas pegiat industri kreatif di sana. Pertokoan yang menjual berbagai jenis produk jumlahnya bisa sampai 500 lebih.

Industri kreatif terbagi jadi 16 sektor. Dari 16 sektor itu, Kota Kreatif punya 5 sektor yang paling menonjol, antara lain:

  • Industri Desain

Desain butuh kreativitas yang tinggi dan Bandung punya banyak SDM yang bisa melakukannya. Sangking berbakatnya para desainer Bandung, sampai-sampai UNESCO menunjuk kota ini sebagai Kota Desain pada 2015 lalu.

Bahkan Bandung sudah dari lama menelurkan banyak desainer dan arsitek. Dalam urusan desain, para pelaku industri kreatif ini berani beda dan melakukan terobosan yang penuh inovasi. Jenis desain yang dimaksud antara lain desain grafis, desain interior dan desain arsitektur. 

  • Industri Kuliner

Soal kuliner, Bandung punya banyak yang bisa ditawarkan. Beberapa yang populer sampai nyebar di kota-kota lain adalah seblak, mie kocok, cimol kering, nasi tutug oncom, nasi timbel, karedok dan peuyeum.

Industri kuliner merupakan lahan yang menggiurkan dan bisa terus berkembang. Ditambah lagi, kuliner menjadi buruan utama baik warga lokal maupun wisatawan.

Kemajuannya juga didongkrak oleh platform online. Maka wajar kalau pertumbuhan kuliner di Bandung cenderung naik dan rata-rata prosentasenya dua digit.

  • Industri Fashion

Ada lagi julukan untuk Bandung yaitu Kota Mode. Alasannya, geliat fashion di kota ini sangat dinamis. Keadaan itu nggak lepas dari kontribusi para desainer produk. Mereka bukan cuma mementingkan tampilan luar tapi juga aspek kenyamanan.

Ada berbagai jenis bisnis fashion yang berdiri seperti Distribution Store, Clothing Company dan Factory Outlet.

Distribution Store atau yang kamu kenal dengan Distro adalah bisnis yang menjual produk baik dari titipan produsen maupun produksi sendiri. Kemudian, Clothing Company adalah perusahaan yang membuat berbagai jenis produk fashion.

Sedangkan Factory Outlet yaitu bisnis yang menjual produk dengan harga murah karena produknya diambil dari sisa pabrik. Tapi, kualitas produk masih terjaga. 

  • Industri Kerajinan

Kerajinan merupakan industri kreatif Bandung yang dijadikan unggulan. Bahkan di tahun 2019, resmi dibuka pusat kerajinan tangan terbesar yaitu Rupa Rupi Handicraft Market.

Konsepnya adalah one stop shopping mall. Jadi, pengunjung bisa leluasa mampir ke banyak toko yang menjual produk kerajinan. Total jumlah penjual ada 350 lebih dan buka tiap hari.

Selain tempat jualan, para pelaku bisnis juga punya kesempatan untuk ikut diskusi terbuka dan pelatihan. Tujuannya tentu untuk memajukan usaha kreatif di sektor kerajinan dan memicu masyarakat untuk terus berkarya.

Kerajinan buatan Bandung memang punya kualitas jempolan. Mulai dari warga lokal, wisatawan luar daerah hingga wisatawan mancanegara tertarik untuk membeli.

  • Industri Seni Pertunjukan 

Pokoknya nggak akan bingung kalau ke Bandung. Segala macam destinasi wisata ada, kuliner juga siap manjain lidah dan hasrat berbelanja dijamin bisa tersalurkan. Selain itu ada lagi yang menarik yaitu budayanya.

Sektor seni pertunjukan di Bandung punya keunikan. Ada banyak tarian dan pertunjukan tradisional yang bisa dinikmati. Beberapa yang ikonik yaitu Tari Jaipong, Rampak Gendang, Calung, Kuda Lumping, Sisingan dan Bajidoran.

Bandung memang cocok jadi kota percontohan dalam industri kreatif. Terbukti ada banyak peningkatan di berbagai sektor berkat kekuatan kreativitas yang berorientasi ke nilai ekonomi.

Sumber : https://www.kemenparekraf.go.id/

admin

Related Posts

Bagaimana Cara Mengganti Ringtone iPhone dengan Lagu

Bagaimana Cara Mengganti Ringtone iPhone dengan Lagu

Tips Melakukan Kredit Mobil Fortuner, Awas Jangan Salah Pilih

Tips Melakukan Kredit Mobil Fortuner, Awas Jangan Salah Pilih

Tips Mudah Dapatkan Voucher Makan Enak  Kala PSSB Tiba

Tips Mudah Dapatkan Voucher Makan Enak  Kala PSSB Tiba

7 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik di Orami

7 Rekomendasi Gendongan Bayi Terbaik di Orami

Artikel Terbaru